Selamat Datang di Blog Saya
Aku adalah lelaki yang tertatih-tatih mencoba untuk mengenal dunia d sekitarku yang penuh warna, kemunafikan n pecundang2 penipu langkah2 jantan. Hidup adalah untuk berjuang, berjuang adalah pilihan hidup, ga' mau berjuang jangan pilih hidup...membuat sumpek dunia...! Salam.. Sebagai pemula, aku masih banyak membutuhkan saran 'n kritik dari temen2. Disisi lain, saya harus minta maaf, yang sebesar-besarnya karena sebagian besar isi blog ini saya dapatkan dari berbagai artikel yang pernah ada di situs2 lain Akhir kata semoga apa yang ada di dalam blog ini dapat menambah pengetahuan 'n wawasan temen2.

Jumat, 11 Desember 2009

Indonesia. . . . .


Aku cinta Indonesia, Aku mencintai Indonesia..begitulah yang selalu aku dengung2kan dalam hatiku selama ini. Tidak ada negeri lain yang lebih baik, unik dan semenarik Indonesia. Keberagaman pemikiran, perilaku, budaya, dan tradisi, menyebabkan Indonesia menjadi negeri yang begitu kaya raya dibanding negeri2 lain. Seburuk-buruknya penilaian orang dari negeri lain tentang Indonesia, Indonesia tetap yang terbaik, dari dulu hingga sekarang. Indonesia adalah negeri yang begitu dirahmati oleh Allah SWT, baik itu dari segi kekayaan alamnya, letak geologisnya maupun budayanya. Kekayaan alam Indonesia yang begitu melimpah ruah, tidak akan habis hingga akhir zaman. Kita bisa bilang, minyak bumi akan habis terpakai, tapi kita juga bisa bilang, masih ada kandungan gas, batu bara dan lain2 di dalam perut bumi indonesia yang juga tidak akan habis hingga akhir zaman, itu kita baru bicara kandungan perut bumi nusantara, belum yang ada dipermukaan. Masih melimpah ruahnya kandungan2 lain yang akan memperkaya negeri ini akan selalu dapat kita nikmati, tergantung bagaimana manusia2 Indonesia mengolah dan mensyukurinya. Kebudayaan Indonesia begitu beragam karena di negeri ini begitu banyak suku yang memiliki budaya sendiri, dimana satu suku memiliki lebih dari satu bahasa dan kebudayaan, hasil karya n karsa anak negeri. Begitu indahnya kebudayaan Indonesia hingga membuat negeri2 lain menjadi iri dan banyak di antara mereka yang ingin mempelajari bahkan ingin memiliki kebudayaan negeri ini, seperti halnya negeri jiran kita yang hingga saat ini masih berjalan telanjang bulat diantara gegap gempitanya perikehidupan dunia internasional..karena orang yang berjalan telanjang bulat adalah orang yang tidak memiliki budaya, akibatnya tidak memiliki rasa malu. Soal negeri jiran ini, jangan ditanya lagi perilaku mereka..hehehe. Letak geologis Indonesia, yang terletak di antara 2 samudera dan 2 benua adalah suatu karunia yang tak ternilai, dimana begitu banyak kandungan2 alam samudera yang juga memperkaya Indonesia, sehingga banyak nelayan2 asing yang berusaha mencuri hasil kekayaan laut negeri ini yang begitu melimpah. Disamping itu, Indonesia dilalui garis khatulistiwa yang memberi dampak menguntungkan, dimana ada keseimbangan 2 musim, kemarau dan hujan yang menyebabkan Indonesia memiliki temperatur udara yang relatif nyaman, sejuk. Satu lagi, Indonesia terletak tepat dibawah "Triple Junction"..triple junction adalah istilah geologi untuk menjelaskan point pertemuan tiga lempeng (plate tectonics), dimana tempat pertemuan ini sangat tidak stabil. Konsep Triple Junction dikembangkan pada tahun 1968 oleh 1968 by W. Jason Morgan, Dan McKenzie, dan Tanya Atwater. Contoh, pulau Sulawesi berasal dari Triple Junction yaitu: Australian plates, Philippine plates, and Sunda plates. inilah yang menjelaskan mengapa tingkat kegempaan daerah sulawesi (utamanya sulawesi tengah dan utara) sangat tinggi.
Artinya Indonesia dikarunia oleh kekayaan akan gempa bumi n gunung meletus..hehehe. Ada sisi positipnya lho, dengan seringnya gempa bumi, itu menandakan bahwa bumi nusantara sedang membangun dirinya dan mengeluarkan kandungan mineral2 baru yang selama ini belum kita ketahui. Gunung meletus menyababkan tanah di daerah sekitar gunung akan menjadi subur dan sangat baik untuk dijadikan areal pertanian dan perkebunan. Disisi spiritual, kita jadi sering mendapat teguran dari Allah SWT saat kita melupakan akan adanya kekuatan yang maha besar yang selalu mengiringi dan mengawasi setiap langkah n perbuatan kita, lalu hal itu akan membuat kita menyadari bahwa kita yang berdiam di negeri ini akan selalu ingat akan kebesaran Allah SWT.

Tradisi Mudik, adakah dinegara lain tradisi seperti ini?
Mudik adalah aplikasi dari sisi romantisme bangsa Indonesia, baik saat lebaran, natal n tahun baru. Tidak ditemukan di negeri lain aktivitas tradisi tahunan seperti ini.















Di lain pihak, mudik digunakan sebagai ajang untuk memperlihatkan keberhasilan dalam perjuangan hidu, kepada saudara2 di tanah kelahiran..tp itu bagi yang berhasil, yang ga' berhasil,mungkin mereka akan menunda hingga ada kesempatan di tahun depan. Mudik juga digunakan sebagai kesempatan untuk berbagi rezeki kepada saudara2 di kampung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kategori

Photobucket
"Terima kasih udah mampir ke Blog saya"